Sunday, March 29, 2020

Cara Melihat Detail List Data pada Angka di Pivot Tabel


Pivot tabel adalah salah satu fitur di excel yang memberikan kemudahan untuk mengolah suatu data ke dalam bentuk tabel. Penggunaannya pun sangat mudah, tinggal drag maka jadilah tabel yang kita inginkan tanpa menggunakan formula.

Misal tabel berikut ini, kita akan mencari jumlah kebutuhan produk masing-masing jenis :
Caranya adalah blog semua tabel di atas dari cell A1 sampai cell D15 lalu jalankan pivot tabel melalui menu "Insert" lalu klik "Pivot Table".

Secara default pivot table akan tampil di sheet baru seperti contoh berikut :

Karena data yang diinginkan adalah jumlah produk maka kita tempatkan data "produk" di "ROWS" pada "PivotTable Field" dan data "units" ditempatkan pada "VALUES". Perhatikan disini bahwa pada data "VALUES" ini kita pilih penjumlahan (Sum) karena yang akan kita cari adalah jumlah produknya. Kita bisa merubah unit values ini dengan "count" atau operasi matematika lainnya.

Saat ini jumlah produk sudah diperoleh. Lalu kita ingin melihat dari mana saja jumlah ini diperoleh, misal pada contoh di atas kita ingin mengetahui departemen mana saja yang membutuhkan detergent sehingga jumlahnya sebanyak 1723 dan data tersebut ingin kita tampilkan dalam bentuk tabel tersendiri.

Caranya adalah dengan klik kanan jumlah "1723" tersebut lalu pilih "Show Details" seperti pada gambar di bawah ini :

Maka akan muncul sheet baru yang menunjukkan tabel yang formatnya seperti pada tabel awal tapi yang muncul hanya tabel yang berkaitan dengan data "Detergen" saja seperti pada gambar di bawah ini.

Bagaimana? Mudahkan caranya. 
Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Aplikasi Belajar Gratis - Zenius

Dalam masa pandemi wabah penyakit covid-19 ini, para siswa memang dituntut untuk belajar di rumah. Banyak sekali aplikasi belajar yang ditaw...