Thursday, May 14, 2020

Catatan Digital

Siapa yang sedang atau pernah menggunakan binder seperti ini ?


Saya pun pernah menggunakan binder ini saat kuliah karena praktis. Praktis karena semua catatan terkumpul dalam satu buku. Jadi kemana-mana hanya membawa satu buku binder saja sehingga resiko lupa atau hilang itu kecil dibanding jika satu mata kuliah/mata pelajaran dibuat menjadi buku sendiri-sendiri. Selain itu kita juga bisa memilah catatan-catatan tersebut berdasarkan mata pelajaran/mata kuliah dengan memberinya batasan yang biasanya sudah disediakan saat kita membeli binder tersebut.

 

Yang bikin saya pusing saat menggunakan binder ini adalah ketika teman kita meminjam beberapa kertas catatan. Tentunya kita akan membuka jepitan binder tersebut lalu mengambil catatan yang akan dipinjam oleh teman kita tersebut. Karena lembaran-lembaran catatan ini tidak terikat saat dilepas dari jepitan bindernya sehingga ada potensi sebagian dari kertas-kertas catatan ini akan hilang saat dikembalikan nantinya.

 

Hal ini bisa diatasi dengan cara merubah catatan-catatan tersebut ke dalam bentuk digital atau kita buat catatan-catatan tersebut langsung dalam bentuk digital. Apa sih maksudnya dalam bentuk digital? Yang saya maksudkan adalah membuat catatan dalam bentuk softcopy. Awalnya saya menggunakan aplikasi ms word untuk membuat catatan-catatan ini tapi ternyata tidak praktis, sampai saya berkenalan dengan aplikasi yang bernama MS OneNote.

 

Apa itu MS OneNote?

 

MS OneNote adalah suatu aplikasi buatan microsoft yang dibuat untuk memanajemen catatan. Saya beranggapan bahwa nama aplikasi "OneNote" diberikan karena semua catatan terkumpul menjadi satu dalam aplikasi ini. Konsep yang digunakan oleh MS Note ini sama dengan konsep catatan di binder. Berikut adalah gambaran dan perbandingan antara binder dengan MS OneNote :



Ada perbedaan ketika mengetik di OneNote dengan di MS Word. Saat mengetik di MS Word, text sudah di atur berurutan sesuai dengan line spacingnya. Jika kita ingin menambahkan catatan di sisi lain maka kita perlu menggunakan text box. Di OneNote kita bebas mengetik di area mana saja yang perlu kita tambahkan catatan tanpa perlu menggunakan text box seperti di MS Word.

 

Berikut adalah contoh penulisan di OneNote yang saya ambil dari situs resmi support.office.com :


Aplikasi MS OneNote ini biasanya sudah menjadi satu paket saat instalasi MS Office. Jadi kita tidak perlu bingung lagi mencari programnya.

 

Dengan menggunakan catatan digital di MS OneNote ini tentunya apa yang selama ini yang menjadi kekhawatiran kita saat menyimpan catatan di binder yakni kertas hilang atau berantakan tidak terjadi lagi. Selain itu, kita juga membantu menyelamatkan bumi tercinta ini dengan mengurangi penggunaan kertas.

 

Selamat beralih ke catatan digital di era digital ini …





No comments:

Post a Comment

Aplikasi Belajar Gratis - Zenius

Dalam masa pandemi wabah penyakit covid-19 ini, para siswa memang dituntut untuk belajar di rumah. Banyak sekali aplikasi belajar yang ditaw...