Saturday, May 23, 2020

Kalkulator untuk Konversi Mata Uang

Selama ini jika saya ingin mengetahui konversi mata uang, langkah yang saya lakukan adalah buka web browser, buka google lalu ketik 1 usd berapa rupiah lalu keluarlah angka yang up to date. Nah, kali ini sebaung.com akan berbagi cara konversi mata uang tanpa harus googling. Caranya adalah menggunakan kalkulator.

 

Bagi para pembaca blog sebaung yang sudah menggunakan OS Windows 10, aplikasi kalkulator ini sudah tersedia di komputer karena memang bawaan dari windows saat proses instalasi OS. Kita tinggal cari dan buka aplikasi kalkulator tersebut. Tampilan kalkulatornya seperti ini :

Kalkulator ini menyediakan banyak fitur bukan hanya menghitung angka saja tetapi bisa digunakan untuk konversi satuan baik itu berat, volume, panjang, energi, suhu dan juga konversi mata uang. Yang kita bahas disini adalah cara menggunakan kalkulator bawaan windows 10 ini untuk menghitung konversi mata uang.


Cara menghitung konversi mata uang menggunakan kalkulator adalah :

  1. Klik tanda garis pendek bersusun tiga yang berada di sebelah pojok kiri atas lalu pilih "Currency".

  1. Tampilan kalkulator akan berubah seperti gambar di bawah ini.

Tombol angka ada di sebelah kanan dimana saat kita menekan angka ini maka nilainya akan tampil pada mata uang yang disebelah atas yang angkanya berbentuk tebal. Hasilnya akan otomatis muncul di mata uang sebelah bawahnya.


Pemilihan mata uang yang akan kita konversikan bisa dipilih dengan mengklik tanda lingkaran "a" dan hasil konversi dalam mata uang apa bisa dipilih dengan klik tanda lingkaran "b".

 

Pada waktu klik tanda lingkaran "a" dan "b" ini akan muncul list yang diurutkan berdasarkan abjad nama negara. Misal kita ingin mencari mata uang dollar AS maka kita cari urutan abjad "U" yakni "United States", untuk mata uang Rupiah, kita cari urutan abjad "I" yakni "Indonesia".

 

Kurs mata uang ini setiap saat nilainya akan selalu berubah maka kita harus perhatikan tanda kotak berwarna merah yang berada di pojok kiri bawah kapan update terakhir nilai konversi ini. Jika kita ingin hasil yang up to date maka kita harus selalu terhubung dengan internet dan lakukan update dengan cara klik "Update rates".


No comments:

Post a Comment

Aplikasi Belajar Gratis - Zenius

Dalam masa pandemi wabah penyakit covid-19 ini, para siswa memang dituntut untuk belajar di rumah. Banyak sekali aplikasi belajar yang ditaw...